TETAP FIT MENJELANG SPMB

Oleh : Roro Elis (Ida Listyarini)
Pernah dipublikasikan di Kedaulatan Rakyat Minggu th 2005

Bulan ini merupakan bulan yang cukup menegangkan bagi para siswa-siswi lulusan SLTA karena sebentar lagi mengikuti ujian masuk perguruan tinggi yang dikenal dengan nama SPMB. Rasa tegang dan semangat belajar yang semakin tinggi serta rutin apabila tidak diimbangi dengan manajemen tubuh dapat menyebabkan yang bersangkutan menjadi stress dan justru dapat menimbulkan beberapa hal yang tidak dikehendaki. Tubuh dapat menjadi sakit, lemas dan justru tidak bergairah. Apabila hal ini sampai terjadi, maka bayangan untuk lancar mengikuti ujian masuk malah menjadi tidak terkabul.

Kelelahan dan ketegangan baik fisik maupun mental dapat menimbulkan kelelahan sistem saraf yang akan mempengaruhi sistem fisiologi tubuh termasuk pembentukan hormon serta aktivitas sistem imun. Hal inilah yang menyebabkan kerentanan terhadap timbulnya penyakit.

Akan tetapi bukan berarti siswa/siswi dan siapa saja yang hendak mengikuti ujian masuk perguruan tinggi ini tidak boleh konsentrasi tinggi untuk belajar, melainkan harus dilakukan perimbangan aktivitas berpikir dan aktivitas fisik yang tinggi tersebut dengan pola manajemen tubuh yang baik.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkan sistem fisiologi tubuh supaya tetap fit di saat aktivitas baik fisik maupun pikiran yang tinggi antara lain :
Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan dan sereal makanan yang mengandung serat selain meningkatkan kelancaran pencernaan juga malancarkan sistem metabolisme lain. Kandungan serat dalam makanan juga dapat memicu aktivitas sistem pertahanan tubuh serta memberikan kesegaran dan energi baru bagi tubuh. Sayuran terutama yang berhijau daun juga mengandung klorofil yang sangat menyehatkan, membantu mengurangi penumpukan asam laktat yang timbul apabila kita beraktivitas lebih. Hasilnya tubuh menjadi kembali segar dan bersemangat. Nasi merupakan salah satu jenis makanan sereal, oleh karena itu sangat dianjurkan mengkonsumsi nasi dalam jumlah cukup sebagai sumber serat sekaligus karbohidrat.

Makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A dan C. Vitamin A dan C dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh serta membantu perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Vitamin C membantu meningkatkan sistem metabolisme pembentukan protein.
Makan pisang, Kalium pada pisang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot. Kemudian kandungan vitamin B-6 (Pyridoxine) di dalam pisang membantu proses pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Sel darah putih (leukosit) yang aktif dapat menghasilkan antibodi dan senyawa-senyawa imunitas lainnya yang berguna untuk melawan berbagai penyakit. Sel darah merah sendiri merupakan komponen utama tubuh kita untuk proses penghantaran sari-sari makanan dan oksigen, serta berguna bagi proses pembuangan senyawa yang tidak diperlukan oleh tubuh. Kandungan kalium juga sangat baik untuk menambah energi dan kekutan bagi siapa saja yang mempunyai aktivitas tinggi. Bahkan olahragawan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang setiap harinya.

Minum yang teratur, minum secara teratur terutama air putih sangat bagus untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Air merupakan media utama terjadinya metabolisme di dalam tubuh kita. Oleh karena itu minum air putih sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh supaya tetap fit.
Istirahat yang cukup, istirahat sangatlah penting. Karena pada saat istirahat terjadi perbaikan sel-sel yang rusak serta pembentukan sel baru. Saat istirahat pula terjadi pembentukan energi dalam jumlah yang sangat besar. Justru pada kondisi istirahat lah energi tubuh kita terbentuk secara maksimal. Itulah mengapa setelah istirahat tubuh kita menjadi terasa segar, rileks dan fit.

Yakinlah anda mampu, keyakinan adalah kekuatan. Apabila kita berpikir bahwa kita mampu, impuls rasa mampu tersebut akan dikirim ke otak kita yang kemudian secara sadar otak merespon dan menjadikannya nyata. Sebagai contoh, saat kita melewati rintangan berupa sungai dan kita terpaksa harus meloncatinya, apabila kita merasa mampu melompat, maka otak kita secara sadar memerintahkan kepada otot kaki dab sistem pergerakan kita untuk mampu melompati sungai tersebut dan hasilnya kita mampu melompat. Namun apabila kita merasa pasti terjatuh, maka saat kita yakin akan jatuh, impuls rasa takut dikirim ke otak dan otak memerintah saraf adar untuk menggerakkan motor alat penggerak kita dengan seminimal mungkin dan akibatknya langkah menjadi pendek dan kita benar-benar jatuh. Untuk itu selalu yakin lah akan kekuatan diri kita dan yakin seyakin-yakinnya bahwa kita diberi kemampuan cukup untuk menghadapi persoalan, serumit apapun soal itu.

Berdoa dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, beribadah kepada-Nya akan membuat ketenangan. Ketengana menimbulkan rasa nyaman, percaya diri dan semua pikiran positif lainnya. Ketenangan dan pikiran yang positif membantu memperlancar peredaran darah serta metabolisme tubuh, akibatnya ketahanan tubuh meningkat, peredaran darah lancar, konsentrasi membaik dan kita menjadi semakin berhasil di dalam belajar serta mampu mengatasi soal-soal yang rumit.

Selamat belajar, semoga berhasil di dalam menempuh SPMB.


Ditulis oleh : Ida Listyarini Handoyo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENALU KEDONDONG PACU IMUNITAS PENGIDAP KANKER

MANFAAT AIR ZAM-ZAM

10 Perempuan Inspiratif NOVA