SUP AYAM HANGAT BANTU ATASI FLU

Ditulis oleh :
Roro Elis (Ida Listyarini)
Sudah pernah dipublikasikan di husada KR Minggu

Pada kondisi udara dingin saat ini beberapa penyakit cenderung mudah hinggap di tubuh kita, apalagi apabila daya tahan tubuh menurun. Hal tersebut disebabkan oleh karena suhu dingin di luar tubuh memicu peningkatan aktivitas metabolik tubuh terutama pembakaran senyawa karbohidarat, lemak dan protein untuk menghasilkan eneri dalam bentuk panas. Energi panas digunakan tubuh untuk menyeimbangkan suhu dalam tubuh mengatasi hawa dingin di luar tubuh.

Sumber energi yang masuk dalam tubuh tidak hanya untuk menghasilkan panas melainkan juga untuk reparasi sel-sel tubuh yang rusak, aktivitas pengaktivan sel-sel imun dan lain sebagainya.

Mudahnya seseorang sakit pada kondisi udara dingin adalah apabila asupan makanan yang masuk hanya cukup untuk menghasilkan energi panas, energi untuk aktivitas sel-sel imun relatif kurang terbentuk, sehingga daya tahan tubuh melemah.

Untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang tubuh pada kondisi dingin ini, antara lain dapat dengan menambah asupan karbohidrat, protein dan sayuran/buah. Namun apabila penyakit, misalnya influenza telah menyerang, salah satu cara praktisuntuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan hangat yang mengandung zat anti virus atau anti bakteri. Misalnya makanan yang mengandung bawang putih sebagai bumbu masak. Bawang putih dan bawang merah memiliki kandungan senyawa aktif anti virus dan anti bakteri.

Sup ayam hangat dengan bumbu bawang merah dan putih yang cukup sangat tepat untuk mengatasi keluhan influenza. Pertama, sup mengandung cukup sayuran segar antara lain wortel, selederi, kol dan kembang kol. Serta terkadang ditambah kentang dan tomat sebagai pelengkap. Sayuran tersebut banyak mengandung flavonoid, suatu senyawa pengingkat sistem imun tubuh. Kemudian bawang merah dan bawang putih mengandung zat anti virus. Kaldu ayam hangat mengandung suatu protein lecitin yang berdasarkan penelitian memiliki aktivitas ekspektoran (pencair dahak). Berdasarkan penelitian lanjut pula, pasien yang diberi kaldu lebih cepat sembuh dari flu daripada pasien yang diberi air biasa, air hangat dan kaldu dingin.

Untuk lebih mengfektifkan daya penyembuh sup ayam hangat, bagi yang suka cita rasa pedas dapat pula ditambah bubuk cabai merah. Cabai merah juga mengandung senyawa aktif anti bakteri dan juga kaya akan flavonoid, senyawa iumunomodulator. Namun apabila tidak suka pedas atau memiliki pantang makan pedas, maka alternatif lain adalah menambah kacang-kacangan yang kaya akan protein.

Selama ini beberapa orang menganggap bahwa makan buah seperti semangka dapat meyebabkan influenza. Itu justru keliru karena makan semangka, apabila tidk memiliki keluhan tekanan darah rendah, justru memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A memiliki kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga cocok untuk individu yang sedang sakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENALU KEDONDONG PACU IMUNITAS PENGIDAP KANKER

MANFAAT AIR ZAM-ZAM

10 Perempuan Inspiratif NOVA