Rindu masa remaja? Yuk meremajakan diri

Masa remaja adalah saat-saat indah di dalam hidup sebagian besar manusia. Meskipun tak sedikit yang merasakan konflik di masa tersebut. Namun setelah masa tersebut dilewati, sering terlintas kerinduan untuk kembali ke masa tersebut.

Remaja identik dengan kemudaan, yang menyangkut segala aspek kehidupan. Kemudaan baik usia, jiwa maupun kenampakan fisik. Namun meskipun usia sudah tidak muda lagi, kita masih sangat bisa tampil muda layaknya remaja, dalam arti muda. Dan bagi anda yang sudah terlanjur merasa penampilan sudah tak nampak muda lagi, jangan kuatir, yang penting kebugaran anda layaknya usia muda yang menggiring ke kebugaran jiwa. Tentu saja jiwa dan tubuh yang bugar akan membuat kecerahan dalam hidup.

Di bawah ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda dan juga saya sendiri untuk selalu tampil muda dan bugar yang tentu saja bisa mengangkat rasa percaya diri.

1. Syukuri segala sesuatu yang ada pada diri kita, termasuk mensyukuri segala yang telah kita peroleh maupun jalani. Berpikir positif dan memandang segala sesuatu dari sisi positifnya.

Kenapa berpikir positif perlu untuk keremajaan? Ya karena dengan berpikir positif, jiwa kita akan tenang. Ketenangan akan meningkatkan sekresi hormon-hormon kortikosteroid seperti testisteron dan estrogen yang merupakan hormon yang bisa menghambat proses penuaan. Selain itu beberapa artikel juga menyampaikan bahwa ketenangan dalam berpikir membantu picuan sekresi hormon pertumbuhan (human growth hormon) yang biasa disingkat hGH. hGH ini merupakan hormon yang sangat berperan dalam proses anti penuaan, terutama pada kulit

2. Makan sayur dan buah yang cukup
Sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin A (berwarna kuning-merah) dan mengandung vitamin C dapat membantu tubuh memproses beberapa jenis protein, antara lain protein kolagen yang sangat berperan penting di dalam proses pembentukan sel-sel baru (regenerasi sel). Selain itu vitamin A dan C juga membantu peningkatan aktivitas sistem imun. Di dalam sistem imun terdapat sel-sel fagosit yang salah satu perannya adalah membunuh sel-sel mati. Sehingga dengan semakin baik aktivitas sel-sel fagosit ini, mata sel-sel mati akan tereliminasi untuk selanjutnya diproduksi sel-sel baru

Sayur dan buah juga mengandung kadar air yang cukup tinggi diimbangi pula dengan kandungan serat. Air diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Jika metabolisme lancar, maka tubuh akan relatif lebih sehat dan bugar. Selain itu kadar air yang cukup ini akan membantu ginjal dalam proses ekskresi, sehingga dapat dikatakan bisa membantu kerja ginjal.

Kadar serat dalam dalam sayuran dan buah juga berperan penting di dalam proses pencernaan, serta membantu terbentuknya protein-protein untuk pertumbuhan

3. Diet yang berimbang

Konsumsi buah dan sayur di atas sebenarnya sudah termasuk salah satu poin diet berimbang. Namun bukan itu saja yang diperlukan. Diet sehat bukan berarti mahal. Bahkan dengan kocek yang terbatas pun akan bisa dihasilkan diet sehat dan optimal. Berimbang di sini adalah diartikan tidak berlebih di dalam mengkonsumsi suatu bahan gizi, namun tak pula kurang.

Contohnya, lemak dan kolesterol itu sebenarnya diperlukan bagi tubuh, namun jika kadarnya di dalam tubuh berlebih, maka akan dapat menimbulkan penyakit. Demikian pula senyawa-senyawa lain. Senyawa purin berguna bagi pembentukan protein, namun jika berlebih juga bisa menimbulkan resiko tinggi terkena asam urat. Demikian pula dengan gula, sangat berguna bagi proses pembentukan energi, namun jika berlebih juga kurang baik bagi tubuh. Meskipun kerentanan terhadap penyakit-penyakit degeneratif tersebut juga tidak luput dari beberapa faktor genetik terkait, namun tak ada salahnya kita antisipasi hal-hal yang kurang diinginkan.

Namun kita juga tidak boleh lantas sama sekali tidak mengkonsumsi suatu senyawa gizi tertentu. Menghindari lemak sama sekali, misalnya, bisa membuat terjadinya defisiensi di dalam tubuh kita dan justru akan bisa menimbulkan penyakit lain.

Asupan gizi yang berimbang tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan nampak lebih muda

4.Konsumsi air yang cukup

Air merupakan media metabolisme tubuh. Dengan cukupnya kadar air di dalam tubuh kita, maka metabolisme lancar baik anabolisme( =penyusunan) maupun katabolisme (penguraian). Air juga membantu tubuh mengeliminasi racun-racun yang masuk. Konsumsi air putih jauh lebih baik. Kebutuhan air minimal bagi tubuh adalah sekitar 1,5 L atau 8 gelas ukuran 200 ml/hari. Kalau kita kurang air tubuh akan menjadi lemas dan kering kan? itu artinya metabolisme tubuh kita terhambat. Untunglah tubuh mempunyai mekanisme khusus untuk meminta masukan air minum, yaitu dengan adanya rasa haus, sehingga kita bisa berusaha untuk segera minum.

Perlu diketahui pula bahwa 60% massa otot kita diisi oleh air, sehingga konsumsi air membuat tubuh menjadi segar dan nampak berisi.

5. Pertahankan konsentrasi melanin dalam tubuh

Siapa sih yang tidak ingin kulitnya nampak putih? khususnya bagi kaum wanita, tentu saja sangat mendambakan kulit yang putih bersih. Tidak ada salahnya merawat kulit supaya menjadi lebih putih. Akan tetapi janganlah bermimpi untuk sama sekali menghilangan pigmen pewarna kulit yang disebut melanin dari tubuh kita. Kenapa? karena justru melanin inilah yang merfungsi menangkal pengaruh buruk sinar ultraviolet yang salah satu sumber terbesarnya adalah sinar matahari. Pengaruh buruk sinar ultraviolet antara lain adalah terjadinya proses karsinogenesis, dan tentu saja terjadinya proses agging atau penuaan.

Meskipun sudah memakai tabir surya, namun alangkah lebih baiknya tetap mempertahankan kadar melanin alami di dalam tubuh kita

6. Menghindari konsumsi alkohol dan obat yang tidak rasional

Alkohol dan obat apabila dikonsumsi tidak rasional (tidak sesuai dosis yang diperbolehkan), maka akan menjadi berbahaya. Senyawa-senyawa tersebut merupakan racun bagi tubuh, baik racun saraf, liver maupun ginjal dan juga organ-organ lain. Alkohol terdapat pada beberapa bahan makanan seperti tape, minuman fermentasi buah-buahan contohnya anggur merah, AO, bila dikonsumsi sesuai petunjuk pemakaian masih bisa dikategorikan sebagai suplemen dan tidak berbahaya. Namun apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dan bahkan terus menerus, maka akan bersifat memabukkan dan bisa menimbulkan keracunan serta kerusakan tubuh.

Demikian pula obat. Jika tidak sesuai petunjuk pemakaian, maka akan sangat berbahaya. Oleh karena itu terdapat beberapa jenis obat yang hanya bisa diresepkan oleh dokter karena pemakaiannya tidak bisa sembarangan.

Racun-racun tubuh ini jelas bisa mempercepat penuaan dan bahkan dapat mempercepat kematian

7.Istirahat yang cukup dan teratur
Istirahat adalah proses pengurangan aktivitas bagi tubuh. Namun pada masa istirahat, justru sel-sel tubuh kita bekerja optimal, yaitu di dalam meregenerasi serta membentuk energi baru. Proses pembentukan energi terbesar yang terjadi di dalam sel adalah pada saat istirahat. Istirahat yang paling bagus adalah tidur. Namun juga jangan berarti tidur tanpa kenal waktu, karena nanti malah jadi kurang aktivitas. Ini juga tidak menguntungkan bagi tubuh. Berimbang itu yang utama.

8. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

Sebagaimana point pertama, point ke-delapan ini akan memberikan ketenangan bagi tubuh. Stress hanya akan membuat tubuh menjadi rapuh, daya tahan menurun, hormon-hormon penuaan meningkat dan kadar hormon antipenuaan menipis.

Demikian beberapa tips untuk membawa kita seolah kembali ke masa muda dengan jalan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh secara alami. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENALU KEDONDONG PACU IMUNITAS PENGIDAP KANKER

MANFAAT AIR ZAM-ZAM

10 Perempuan Inspiratif NOVA