Depresikah anda?

Depresi bisa mengenai siapa saja, serendah apapun tingkat depresi, tentu saja cukup mengganggu. Dengan mengetahui tingkat depresi kita, paling tidak bisa untuk ajang penyembuhan diri, dan evaluasi diri untuk menurunkan ketegangan kita sehingga kita bisa kembali relaks supaya hidup kita lebih bersinar. Namun sebelum mengukur tingkat depresi, anda juga bisa mengukur tingkat kecemasan anda terlebih dahulu.

Jangan makin depresi ya setelah tau angka yang diperoleh..selamat mencoba

Diadaptasi dari model kuesioner Hamilton Scale Range for Anxiety (HRS-A) dan Hamilton Scale Range for Depression (HRS-D)

1. Pengukuran tingkat kecemasan

Berilah jawaban dengan kriteria sebagai berikut
Jawaban : Tidak pernah (nilai 0) ; Kadang-kadang (nilai 1); Sering (nilai 2); sangat sering/selalu (nilai 3)
Yang diberi jawaban adalah sub pointt (yang ada tanda (-)nya)
Contoh :
1. Perasaan cemas
- cemas jawaban : tidak pernah = 0
- firasat buruk jawaban : kadang-kadang = 0
- takut akan pikiran sendiri- mudah tersinggung jawaban : sering = 2

KUESIONER:

1. Perasaan cemas
- cemas
- firasat buruk
- takut akan pikiran sendiri
- mudah tersinggung

2. Ketegangan
- merasa tegang
- lesu
- tidak bisa istirahat dengan baik
- mudah menangis
- gemetar
- gelisah
3. Ketakutan
- takut pada gelap
- takut orang asing
- takut sendirian
- takut binatang besar
- takut keramaian lau lintas
- takut kerumunan orang banyak

4. Gangguan Tidur
- sukar tidur
- terbangun malam-malam
-tidur tidak nyenyak
- bangun terasa lesu
- banyak mimpi
-mimpi menakutkan


5. Gangguan Kecerdasan
- sulit konsentrasi
- daya ingat lemah
- daya ingat menurun

6. Perasaan depresi
- hilang minat
- berkurang kesenangan pada hobi
- sedih
- bangun dini hari
- perasaan berubah-ubah sepanjang hari

7. Gejala fisik
- nyeri dan sakit otot
- kaku otot
- kedutan otot
- gigi gemeretuk
- suara tidak stabil

8. Gejala fisik lain
- telinga berdengung
- penglihatan kabur
-muka merah atau malah puct
- merasa lemas
- merasa seperti ditusuk-tusuk

9. Gejala jatntung dan pembuluh
- denyut jantung cepat
- berdebar-debar
- nyeri dada
- denyut nada cepat
- lesu,lemas dan mau pingsan
- detak jantung menghilang atau berheti berdetak sebentar

10. Gejala Pernafasan
-rasa tertekan atau sempit di dada
- rasa tercekik
- sering menarik nafas
- nafas pendek atau sesak

11. Gejala gastrointestinal
- sulit menelan
-perut melilit
- gangguan pencernaan
- nyeri sebelum/sesudah makan
- perasaan terbakar di perut
- rasa penuh/kembung
- muntah
- buang air besar lembek
- sering buang air besar

12. Gejala Saluran kemih dan kelamin
- sering buang air kecil
- Mudah ngompol
Pada wanita :
- tidak menstruasi
- darah haid berlebih
- masa haid sangat pendek
- haid beberapa kali selama satu bulan/lebih
Pada pria
- ejakulasi dini
- ereksi melemah
- Sperma encer
- disfungsi seksual/impotensi

13. Gejala Umum
- mulut kering
- mudah berkeringat
- muka merah/pucat
- pusing
- kepala berat
- kepala sakit
- bulu-bulu berdiri (merinding)


14. Tingkah laku pada saat berbicara dengan orang lain (perlu bantuan pendamping dalam pengisiannya) :
- gelisah
- tidak tenang
- jari gemetar
-kerut berkening
- muka tegagng
- otot tegang
- nafas pendek dan cepat
- muka merah/pucat


Jumlahlah seluruh point yang anda dapatkan.

Jumlah total nilai =

Kriteria penilaian tingkat kecemasan :
Jika total nilai < 14 : Tidak ada kecemasan 14 – 20 : Kecemasan rendah 21 – 27 : Kecemasan sedang 28 – 41 : Kecemasan berat 42 – 56 : Kecemasan berat sekali 2. Pengkuran Tingkat Depresi
Pilihlah jawaban yang menurut anda paling menggambarkan diri anda
Kriteria nilai : A= 0; B= 1; C= 2; D =3; E=4

1. Apakah anda sering merasa (sedih, putus asa, tak berdaya, tak berguna)?
A. Tidak pernah
B. Ya. Saya dapat merasakannya jika ditanya
C. Ya, saya secara spontan dapat menyatakan rasa tersebut
D. Tanpa harus saya katakana, ekspresi, suara dan semua tingkah laku saya sudah menunjukkan perasaan tersebut. Saya cenderung mudah menangis/marah
E. Saya selalu menyatakan perasaan ini dengan jelas melalui kata-kata dan saya sering mengekspresikannya. Misalnya dengan cara menangis, marah, dan lain-lain.

2. Apakah anda selalu merasa bersalah ?
A. Tidak pernah
B. Ya. Saya sering menjadi penyebab dari masalah atau penderitaan orang lain
C. Rasa bersalah sering timbul berulang-ulang dalam diri saya dan saya sering mengingat-ingat kesalahan masa lalu
D. Saya merasa bersalah telah membuat orang lain sengsara, rasa ini menyiksa saya dan saya rasa inilah hukuman bagi saya
E. Saya sering dikejar-kejar, dituduh bahkan sepertinya saya merasa akan dipenjara. Entah itu nyata atau hanya ada di dalam pikiran saya.

3. Apakah anda pernah tercetus keinginan untuk bunuh diri?
A. Sama sekali tidak
B. Saya hanya merasa bahwa hidup ini tak ada gunanya
C. Saya selalu berharap lebih baik saya mati saja
D. Saya sering punya ide untuk mati atau bunuh diri
E. Saya pernah benar-benar mencoba bunuh diri

4. Apakah anda pernah mengalami kesulitan tidur?
A. Tidak
B. Kadang-kadang setelah > ½ jam merebahkan badan saya baru dapat tidur
C. Setiap malam saya selalu sulit tidur

5. Apakah anda sering bangun tengah malam secara tiba-tiba ?
A. Tidak
B. Ya. Saya sering gelisah dan bangun malam-malam
C. Saya hampir tidak tidur sepanjang malam

6. Apakah anda sering ada keluhan terbangun sangat awal?
A. Tidur saya wajar, tidak ada keluhan masalah bangun pagi
B. Ya. Saya sering bangun pada waktu fajar tetapi tertidur lagi
C. Kalau saya bangun fajar, maka saya tidak dapat tidur lagi

7. Bagaimana dengan kebiasaan kerja dan kegiatan anada?
A. Baik-baik saja, semua lancer
B. Kadang saya merasa tidak mampu, letih dan lemah terutama di dalam melakukan aktivitas kerja dan hobi saya
C. Saya tidak mempunyai gairah untuk melakukan aktivitas baik kerja maupun hobi
D. Sya merasa aktivitas dan produktivitas saya baik di tempat kerja maupun di rumah berkurang
E. Saya saat ini tidak dapat beraktivitas karena sakit yang saya alami.

8. Apakah anda termasuk pribadi yang lincah, energik dan pintar bicara?
A. Saya cukup bagus dalam berbicara berpikir dan bertingkah laku
B. Saya memiliki masalah di dalam berbicara (sedikit lamban/cepat)
C. Saya lamban/terlalu cepat berbicara
D. Saya tidak mudah diajak berbicara dan berinteraksi
E. Saya tidak dapat berkata-kata dan melakukan apapun

9. Apakah anda sering merasa gelisah?
A. Tidak
B. Sedikit
C. Saya sering memainkan tangan, rambut, benda-benda untuk mengurangi rasa gelisah
D. Saya selalu bererak untuk mengurangi rasa gelisah
E. Saya sering meremas tangan, menggigit kuku, menjambak rambut sendiri, menggigit bibir

10. Apakah anda sering mengalami mulut kering, berdebar-debar, sakit kepala, mual, berkeringat dan sering buang air kecil?
A. Tidak
B. Ya, saat saya merasa tegang atau tersinggung
C. Ya, karena saya sering khawatir dengan masalah-masalah sepele sekalipun
D. Hampir setiap hari

11. Apakah anda sering merasa terancam, takut, cemas, dan lain sebagainya?
A. Tidak
B. Kadang-kadang
C. Saya sering cemas dan takut
D. Hampir setiap hari

12. Apakah anda mengalami gangguan system system pencernaan ?
A. Tidak
B. Saya sering malas makan tetapi tidak harus disuruh oleh teman saya atau orang lain
C. Saya harus disuruh orang lain untuk makan, bahkan saya perlu obat pencahat untuk buang air besar

13. Apakah anda sering merasa sakit kepala, punggung pegal dan sering lelah?
A. Tidak
B. Ya. Punggung, kepala dan otot saya sering sakit. Saya juga merasa lemas
C. Jelas sekali gejalanya

14. Ada gangguan dalam siklus seksual?
A. Tidak
B. Menstruasi saya tidak teratur (wanita). Saya mengalami ejakulasi dini (pria/lain2 (waria))
C. Mengalami menstruasi hamper tidak berhenti atau tidak mengalami menstruasi sama sekali (wanita). Mengalami disfungsi seksual atau impotensi (pria/lain2 (waria))

15. Apakah anda sering merasa bahwa di dalam tubuh anda ada penyakit, kelainan dsb?
A. Tidak
B. Saya sering dapat merasakannya tetapi saya jarang mengeluhkannya
C. Saya sering takut akan kesehatan saya
D. Saya sering merasa sakit dan minta tolong orang lain
E. Saya sering merasa sakit, tetapi setelah diperiksa dokter saya dinyatakan sehat

16. Apakah Berat badan anda menurun?
(A) Bila pernah mengalami penurunan berat badan
A. Tidak
B. Mungkin iya karena saya sekarang sakit
C. Jelas berkurang
D. Sangat menurun drastic
(B) Di bawah pengukuran oleh petugas medis
A. Penurunan < 0,5 kg selama satu minggu B. Penurunan > 0,5 kg selama satu minggu
C. Tidak terukur lagi penurunannya dan sangat menyolok

17. Apakah anda sadara akan kondisi kejiwaan anda?
A. Ya. Saya tahu apakah saya sehat ataukan stress
B. Saya tahu bahwa saat ini saya depresi, perlu istirahat dan saya berpikir terlalu berat
C. Sepertinya saya sehat-sehat saja. Tetapi memang kata teman-teman dan keluarga, saya stress


Hitunglah total nilai yang anda peroleh
Total nilai :

Pengukuran tingkat depresi adalah sebagai berikut :

Jika total nilai ≤ 17 : Tidak terjadi depresi
17 – 24 : Depresi ringan
25 – 34 : Depresi sedang
35 – 51 : Depresi berat
52 – 68 : Depresi berat sekali


Selamat mencoba, relakskan jiwa anda, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya

Komentar

  1. SESUDAH KESULITAN ITU ADA KEMUDAHAN...!

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saudaraku…,
    Sekalipun tantangan hidup dari hari ke hari terasa kian kompleks. Sekalipun masalah demi masalah datang silih berganti. Sekalipun kesulitan demi kesulitan seolah datang tiada henti. Namun tidak sepantasnya jika kita berputus asa. Dimanapun, kapanpun, kemanapun kita melangkah dalam menjalani hidup ini, kita tetap harus optimis. Optimis bahwa semuanya pasti akan ada jalan keluarnya. Optimis bahwa semuanya pasti akan bisa teratasi. Optimis bahwa kita akan mendapatkan pertolongan-Nya. ”Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyrah. 5). Bahkan hal ini ditegaskan kembali dalam ayat berikutnya: ”Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (QS. Alam Nasyrah. 6).

    Namun bukan berarti sesudah kita mengalami kesulitan demi kesulitan tersebut, lantas kemudahan itu datang dengan sendirinya. Kita tetap harus berusaha keras sebagai upaya agar secepatnya terlepas dari derita hidup yang (mungkin) mendera kita, sambil berharap hanya kepada Allah!

    Jangan berharap kepada yang lain! Karena yang lain-pun sama seperti kita, yang tercipta dalam keadaan yang sangat lemah. “Dan manusia dijadikan bersifat lemah.” (QS. An Nisaa’. 28).

    Berharaplah hanya kepada Allah semata, karena “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.” (QS. 112. 2). Karena “Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS. Al Anfaal. 40). “Dan Allah adalah Pelindungmu dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Tahriim. 2).

    Saudaraku…,
    Kita tidak boleh hanya berpangku tangan. Jika kita telah menyelesaikan suatu urusan, maka harus segera diikuti dengan mengerjakan urusan yang lainnya. Jadi, jangan hanya diam!!! Dengan kata lain, jangan bermalas-malasan! “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”. (QS. Alam Nasyrah. 7 – 8).

    BalasHapus
  2. SESUDAH KESULITAN ITU ADA KEMUDAHAN

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saudaraku…,
    Sekalipun tantangan hidup dari hari ke hari terasa kian kompleks. Sekalipun masalah demi masalah datang silih berganti. Sekalipun kesulitan demi kesulitan seolah datang tiada henti. Namun tidak sepantasnya jika kita berputus asa. Dimanapun, kapanpun, kemanapun kita melangkah dalam menjalani hidup ini, kita tetap harus optimis. Optimis bahwa semuanya pasti akan ada jalan keluarnya. Optimis bahwa semuanya pasti akan bisa teratasi. Optimis bahwa kita akan mendapatkan pertolongan-Nya. ”Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyrah. 5). Bahkan hal ini ditegaskan kembali dalam ayat berikutnya: ”Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (QS. Alam Nasyrah. 6).

    Namun bukan berarti sesudah kita mengalami kesulitan demi kesulitan tersebut, lantas kemudahan itu datang dengan sendirinya. Kita tetap harus berusaha keras sebagai upaya agar secepatnya terlepas dari derita hidup yang (mungkin) mendera kita, sambil berharap hanya kepada Allah!

    Jangan berharap kepada yang lain! Karena yang lain-pun sama seperti kita, yang tercipta dalam keadaan yang sangat lemah. “Dan manusia dijadikan bersifat lemah.” (QS. An Nisaa’. 28).

    Berharaplah hanya kepada Allah semata, karena “Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.” (QS. 112. 2). Karena “Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS. Al Anfaal. 40). “Dan Allah adalah Pelindungmu dan Dia Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Tahriim. 2).

    Saudaraku…,
    Kita tidak boleh hanya berpangku tangan. Jika kita telah menyelesaikan suatu urusan, maka harus segera diikuti dengan mengerjakan urusan yang lainnya. Jadi, jangan hanya diam!!! Dengan kata lain, jangan bermalas-malasan! “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap”. (QS. Alam Nasyrah. 7 – 8).

    BalasHapus
  3. KETENANGAN HATI

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saudaraku…,
    Ketika masalah demi masalah datang silih berganti...
    Ketika kesulitan demi kesulitan seolah datang tiada henti...
    Ketika tantangan hidup dari hari ke hari terasa kian mendaki...

    Dan ketika kemaksiatan sudah merajalela...
    Dan ketika kejujuran sudah menjadi barang yang langka...
    Dan ketika kecurangan sudah membudaya...
    Dan ketika kecintaan pada dunia sudah menjadi tujuan utama...
    Dan ketika kemungkaran sudah ada dimana-mana...

    Maka hanya orang-orang yang beriman serta senantiasa mengingat Allah saja, hati mereka menjadi tenang dan tenteram. Mereka mengikhlaskan hatinya kepada Allah dengan sepenuhnya.

    “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (QS. Ar Ra’d. 28).

    “(Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya** dengan hati yang suci”. (QS. Ash Shaaffaat. 84). **) Maksud “datang kepada Tuhannya” ialah mengikhlaskan hatinya kepada Allah dengan sepenuhnya.

    Saudaraku…,
    “Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur'an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya”. (QS. Az Zumar. 23). Semoga bermanfaat!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENALU KEDONDONG PACU IMUNITAS PENGIDAP KANKER

MANFAAT AIR ZAM-ZAM

10 Perempuan Inspiratif NOVA